Dompet Dhuafa Luncurkan Layanan GeNose C19

JAKARTA –  Dompet Dhuafa menyambut baik pengembangan Alat Deteksi Cepat Covid-19 yang dirilis oleh ilmuwan UGM yaitu GeNose C19.

GM Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa dr. Yenny Purnamasari MKM., mengatakan ini merupakan bentuk langkah cepat dan dedikasi Dompet Dhuafa dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 melalui program Aksi Peduli Dampak Corona (APDC) salah satunya layanan deteksi dini Covid-19.

Berbagai layanan Deteksi dini Dompet Dhuafa bagi masyarakat di tengah pandemi yakni Layanan Mobile Swab Antigen, Layanan Drive Thru dan pemeriksaan ditempat untuk PCR hingga layanan GeNose diharapkan dapat menguatkan peran Dompet Dhuafa dalam ketahanan kesehatan bangsa. Ketahanan kesehatan bangsa hanya dapat diwujudkan dengan peran serta seluruh komponen masyarakat, sehingga Dompet Dhuafa berperan dalam menghadirkan layanan GeNose ini di Pulau Jawa dan Sumatera, yaitu di Jakarta, Banten, Riau dan Medan.

“Semoga ke depan dapat menyusul wilayah lainnya. Layanan GeNose ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan skrining sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan melakukan upaya penanganan dengan segera agar dapat memutus rantai penularan di keluarga, lingkungan kerja maupun masyarakat luas,” ujarnya, Selasa (9/3/2021).

Ditambahkannya, layanan GeNose menjadi salah satu upaya deteksi dini yang aman, dengan prosedur yang sesuai protokol kesehatan, nyaman karena tidak invasif dengan semudah hembusan nafas.

“Hasilnya cepat dan langsung dapat dibaca serta terjangkau untuk kemudahan akses masyarakat dalam skrining di berbagai keperluan termasuk untuk syarat perjalanan. Layanan ini tersedia secara Cuma-cuma untuk masyarakat tidak mampu juga masyarakat yang berkontribusi secara mandiri dengan biaya terjangkau. Dengan layanan GeNose di Dompet Dhuafa, masyarakat dapat turut berbagi untuk kesehatan kaum dhuafa dan program APDC di berbagai wilayah Indonesia.”