BIMA PUPUK (1)

Begawan Durna begitu ketemu Wilutama jantungnya langsung sedut-senut. Apa ngajak CLBK?

BICARA soal pupuk di jagad pakeliran, sama sekali tak ada hubungannya dengan pupuk Urea atau ZA yang diproduksi PT Pusri (Pupuk Sriwijaya) di Palembang. Pupuk di sini mengandung makna perhiasan dari emas yang dipasang pada jidat wayang raden Bima dari Pendawa Lima. Ini merupakan pemberian dari Betara Bayu di kahyangan, sebagai identitas bahwa sang pemilik adalah masih titisan Betara Bayu. Maka Anoman dari Kendalisada juga memiliki pupuk di jidatnya, karena dia juga titisan sang Bayu.

Pupuk emas tersebut bukan sekedar nempel di jidat, tapi sudah berurat berakar dan menyambung ke otak di kepala bagian belakang. Untung saja posisi otak itu masih di tempurung kepala. Jika otak ditaruh pada dengkul, niscaya akan menjadi wayang telmi (telat mikir), karena jaringan distribusi zat-zat pupuk ke otak lambat bersenyawa. Maka bila ada wayang politisi suka nyinyir melulu pada pemerintahan kahyangan, itu karena otaknya ada di dengkul.

Nah, Prabu Jokopitono atau Duryudana dari negeri Ngastina, rupanya termasuk yang berotak di dengkul tersebut. Belakangan ini dia sedang menggugat keberadaan Begawan Bimakandawa yang membangun padepokan di Gunung Jamurdwipa. Menurut data di Google, Begawan Bimakandawa adalah Bima dari Pendawa Lima juga. Sedang secara geografis Gunung Jamurdwipa masih berada dalam wilayah administrasi negeri Ngastina. Ini kan namanya penyerobotan lahan.

“Anak prabu Duryudana boleh saja menyoal Begawan Bimakandawa, tapi harus hati-hati, karena ini soal yang sensitip. Salah-salah anak prabu dituduh kriminalisasi begawan. Nanti jika ribuan cantrik demo ke Ngastina bersama pasukan nasi bungkusnya, repot sampean nanti.” Kata Pendita Durna.

“Lho, ini kan merusak lingkungan. Ribuan pohon ditebangi untuk membangun padepokan. Jika nanti bengawan Silugangga meluap sampai bikin banjir Ngastina, gue lagi yang disalahin, dicap raja gakbener, raja kocluk  yang paling kocluk sedunia…..” jawab Prabu Jokopitono yang sering pula dipanggil Jokopit.