Kasus Kejahatan Perang Suriah, PBB Siapkan Bukti untuk 12 Peradilan

Ilustrasi serangan Israel di Suriah/ AFP

JENEWA –  Perserikatan Bangsa-Bangsa memastikan telah mengumpulkan bukti yang akan diberikan kepada 12 peradilan nasional untuk mengungkap kejahatan perang di Suriah.

Catherine Marchi-Uhel dari Mekanisme Imparsial dan Independen Internasional yang menyelidiki kejahatan paling serius di Suriah mengatakan  bukti tersebut termasuk video, foto, citra satelit, “dokumen tersiar”, pernyataan saksi dan sampel forensik membentuk “situasi terdokumentasi terbaik sejak akhir Perang Dunia Kedua.

“Itu tidak membuat jalan keadilan menjadi mudah, tetapi memungkinkan,” kata Marchi-Uhel, mantan hakim Prancis, pada diskusi panel yang diselenggarakan oleh Inggris.

Dia menambahkan jika tim kecilnya di Jenewa sedang membangun arsip dari sejumlah besar bukti dan informasi dan mengabsahkannya sesuai dengan standar hukum pidana internasional.

“Kami bekerja sama dan membantu penyelidikan dan penuntutan di 12 peradilan berbeda. Kami telah menerima 100 permintaan bantuan sehubungan dengan 84 penyelidikan dan penuntutan yang berbeda,” kata Marchi-Uhel, dikutip Reuters.

ERADILA