Menkes: Indonesia Sudah Dapat 360 Juta Vaksin Corona untuk 181 Juta Warga

Empat vaksin terdiri dari 426 juta dosis vaksin Covid-19 disiapkan untuk 181 juta warga (dua pertiga dari total penduduk RI) dengan dua kali suntikan agar mencapai kekebalan massal (herd immunity)

JAKARTA – Menteri Kesehatan RI Budi Sadikin Gunadi menyatakan Indonesia sudah mendapatkan 360 juta lebih dosis vaksinasi sebagai upaya mencegah penularan COVID-19 di Tanah Air.

Hasil tersebut sesuai untuk 181,5 juta rakyat Indonesia, karena satu orang dua dosis maka 360 juta lebih dosis sudah didapat.

Budi menjelaskan vaksinasi di dunia diharapkan dapat mencapai 70 persen kekebalan komunal dari jumlah 7,8 miliar manusia, atau artinya ada 5,5 miliar dosis atau sekitar 11 miliar dosis yang sangat dibutuhkan dengan cepat.

Terdapat empat jenis vaksin yang diperoleh Indonesia, yaitu Sinovac, AstraZeneca, Novavac, dan Pfizer dan diharapkan tuntas pelaksanaan vaksinasinya dalam kurun waktu 12 bulan.

“Kapasitas produksi vaksin di dunia sekitar 3-4 miliar. Jadi, ketika dapat maka tidak bisa memilih, sebab istilahnya kita rebutan seluruh dunia,” ucapnya, dikutip Antara.