Unjuk Gigi, Korea Utara Lepaskan 2 Rudal Balistik Jarak Pendek

Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara. Foto: Antara

SEOUL – Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik yang dicurigai ke laut dekat Jepang pada hari Kamis, (25/3/2021).

Peluncuran itu menegaskan kemajuan yang stabil dari Korea Utara dalam program senjatanya dan berusaha meningkatkan tekanan pada pemerintahan baru AS jika meninjau kebijakan Korea Utara.

Tes tersebut dilaporkan oleh pihak berwenang di Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang, dan bertepatan dengan dimulainya estafet obor Olimpiade di Jepang.

Dilansir Reuters, peluncuran itu menjadi uji coba rudal balistik pertama oleh Korea Utara dalam hampir setahun dan yang pertama dilaporkan sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari.

Para analis mengatakan uji coba rudal terbaru tidak berarti diplomasi denuklirisasi sudah mati, tetapi mereka menyoroti kebenaran yang tidak menyenangkan bagi pemerintah AS: persenjataan Pyongyang semakin maju, menimbulkan ancaman baru dan meningkatkan potensi daya tawar jika pembicaraan dilanjutkan.

“Setiap hari yang berlalu tanpa kesepakatan yang mencoba untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh persenjataan nuklir dan rudal Korea Utara adalah hari yang semakin besar dan semakin buruk,” kata Vipin Narang, pakar urusan nuklir di Institut Teknologi Massachusetts di Amerika Serikat Serikat.

Pemerintahan Biden sedang dalam tahap akhir dari tinjauan kebijakan Korea Utara, kata para pejabat, dan secara bersamaan menandakan garis keras pada hak asasi manusia, denuklirisasi dan sanksi, sambil membuat tawaran diplomatik yang telah ditolak oleh Pyongyang.

Masih dilansir Reuters, merupakan kesalahan bagi Washington untuk mengabaikan kemajuan rudal jarak pendek Korea Utara, terutama setelah pemimpin Kim Jong Un menyatakan pada bulan Januari bahwa militernya memiliki teknologi untuk mengecilkan hulu ledak nuklir dan menempatkannya pada rudal taktis, kata Markus Garlauskas, seorang rekan senior di Dewan Atlantik dan mantan Pejabat Intelijen Nasional AS untuk Korea Utara.