Setelah Timbulkan Bencana di NTT, Siklon Seroja Porakporandakan Sejumlah Kota di Australia

badai tropis
Ilustrasi/ bisnis.com

AUSTRALIA -Siklon tropis seroja yang sempat singgah di Indonesia kini telah memorak-porandakan beberapa kota di pantai barat Australi.

Siklon Tropis Serojamelintasi pantai negara bagian  Australia Barat, dengan kecepatan angin hingga 170 kilometer per jam tak lama setelah kegelapan tiba pada Minggu malam.

Kota wisata Kalbarri, yang berpenduduk 1.400 orang dan terletak sekitar 580 kilometer dari ibu kota negara bagian itu, Perth, mengalami kerusakan terparah.

Sekitar 70 persen bangunan di kota itu terimbas, dan kerusakan di antara 30 persen bangunan yang terimbas itu tergolong signifikan, kata Komisaris Departemen Kebakaran dan Layanan Darurat Darren Klemm. Kota-kota pesisir lainnya mengalami kerusakan yang lebih ringan.

Perusahaan listrik pemerintah, Western Power melaporkan sekitar 31.500 pelanggan terputus aliran listriknya.

“Beberapa bangunan tua tidak bisa menahan hantaman topan itu. Beberapa bangunan modern juga tidak bisa menahannya, ” kata Steve Cable, manajer Dinas Layanan Penanggulangan Keadaan Darurat kepada Australian Broadcasting Corp.

Sebelumnya siklon seroja mengakibatkan  banjir dan tanah longsor di NTT yang menewaskan sedikitnya 174 orang dan menyebabkan 48 orang hilang.