Aplikasi Mesjid.id Berikan Kemudahan bagi DKM Masjid untuk Susun Laporan Keuangan

JAKARTA – Disela kegiatan Tarhib Ramadan, bertemakan “Merhaba Ramadhan Goes To You,” yang digelar pada Kamis (1/4/2021), Dompet Dhuafa memperkenalkan aplikasi Masjed.id.

“Aplikasi tersebut bergerak di bidang layanan sosial berbasis teknologi yang digunakan oleh organisasi DKM masjid. Sehingga memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan berdonasi, penyaluran bantuan, bertransaksi dan menyusun laporan keuangan masjid.

Aplikasi Masjed.id dapat diunduh melalui google store, dan hanya bisa digunakan pada Android 5.0 (lollipop) dan versi di atasnya,” tutur Direktur Business Operation Support, Prima Hadi Putra.

Dia menuturkan, banyak manfaat dari adanya aplikasi Masjed.id, yakni pengurus DKM dapat membut laporan pertanggungjawaban keuangan, memperluas jaringan donasi melalui fitur pembayaran secara online, mendapatkan bagi hasil dari usaha serambi Masjid.

Kemudian pengurus Masjid dapat membuat kampanye pandanaan untuk kegiatan di masjidnya. Sehingga masjid mendapatkan santunan penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah. Masjid dapat mendaftarkan calon penerima manfaat Zakat, Infak dan Sedekah.

Adapun berikut cara mengaktifkan aplikasi Masjed.id:

1. Download aplikasi masjed.id di Play Store;

2. Daftarkan Masjid melalui aplikasi masjed.id mapun di mumuaps.id, dengan mengikuti petunjuk pendaftarannya;

3. Download form persetujuan Pengurus Masjid;

4. Relawan kami akan melakukan verifikasi akun;

5. Ada 6-digit-PIN* transaksi di masjed.id akan dikirimkan melalui email yang terdaftar;

6. Jika sudah terverifikasi maka akun mesjed.id dapat digunakan.

Demikian langkah-langkah tersebut guna aktifkan aplikasi Masjed.id,” ujar Prima Hadi Putra dalam pengenalan Masjed.id.

Dalam aplikasi Masjed.id terdapat dua jenis layanan, yakni basic service dan full service. Pada basic service terdapat fungsi sebagai berikut: Aplikasi Muslim (shalat, Al Quran, arah kiblat), daftarkan relawan, daftarkan dhuafa, daftarkan Ustadz, wakaf produktif, Baitul Mal Masjid, kalkulator zakat, donasi badan amil, serta pembayaran transaksi dan tagihan.