RESI KREPA TUNDUNG

Resi Krepa ditegur oleh Begawan Durna, tapi malah sengaja subordinasi dari kekuasaan Sokalima.

NAMA Resi Krepa tak begitu terkenal di belahan negeri Ngastina, meski dia masih keluarga dekat dengan Pendita Durna. Sebab dia adalah ipar Pendita Sokalima tersebut, lantaran adik Krepa yang bernama Krepi dijadikan istri oleh Begawan Durna. Karena masih satu ilmu pula, Resi Krepa kemudian dijadikan asisten untuk mengajarkan ilmu-ilmu di perguruan Sokalima. Jika Pendita Durna ibarat dosen, maka Resi Krepa adalah asisten dosen.

Yang sungguh di luar dugaan publik, diam-diam Resi Krepa ini juga menjadi dosen terbang di pengajian Vila Mutiara Biru, Makasar. Maka ketika menjadi guru di padepokan Sokalima, tak mengherankan dia selalu mencekoki cantrik-cantriknya untuk melawan dan mengkritisi pemerintahan yang sah Prabu Jaka Pitono.

“Seperti Pendawa, Prabu Jokopit juga pengagum layang Jamus Kalimasada. Itu syirik, jika terlalu percaya pada ajaran layang tersebut, itu murtad.” Begitu kata Resi Krepa pada murid-muridnya.

“Kok tahu bila Prabu Jokopit juga berkiblat pada layang Jamus Kalimasada? Mohon penjelasan bapa Resi Krepa.” Kata cantrik yang kritis.

Menjawab pertanyaan cantrik yang kritis, Resi Krepa pun membangun argumentasi bahwa negeri Ngastina adalah warisan Prabu Pandu. Kurawa penguasa negeri Ngastina sekarang masih keluarga Pandawa juga, sebab Destarata adalah kakak dari Prabu Pandu. Karenanya jangan heran jika ajaran Jamus Kalimasada juga dihormati dan dipatuhi keluarga Ngastina. Makanya, bagi Resi Krepa, Ngastina dan Pandawa sama-sama togut yang harus diperangi. Bisa membinasakan Prabu Duryudana dan Prabu Puntadewa, sama-sama manjing kaswargan (masuk surga) sebagai balasannya.

Beda dengan Begawan Durna yang selalu kompromi dengan pemerintah Ngastina, Resi Krepa ini terkenal nyinyirnya. Segala kebijakan Prabu Joko Pitono dan Prabu Darmokesuma (Pandawa) selalu dikomentari negatip, kesannya Resi Krepo ini sudah Fadli Zon banget. Untungnya, kedua petinggi kerajaan itu tak pernah berfikir untuk menangkapnya. Bahkan Resi Krepa pernah diajak buka puasa bersama di Indraprasto.