Merespon Bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor di NTT, LKC DD NTT Buka Pos Cozi

NTT – Merespon bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menimpa provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari yang lalu yang mengakibatkan banyak koban meninggal dan hilang serta menyisakan banyak penyintas bencana yang masih dalam pengungsian, LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa NTT membuka pelayanan bertajuk Cozi (Corner Gizi), (16/04).

Menurut keterangan dari Ummi Kalsum selaku Pimpinan LKC Dompet Dhuafa NTT, Corner Gizi atau Cozi menyediakan makanan sarat nutrisi untuk para penyintas bencana di dalam pengungsian.

“Corner Gizi berlokasi di Gedung Garam Desa Tuapukan yang baru dimulai hari ini dan sudah menjangkau sebanyak 46 penerima manfaat yang merupakan usia balita, diantaranya delapan balita usia enam sampai dua belas bulan, tiga puluh enam balita dengan usia lebih dari dua belas bulan dan juga dua orang ibu hamil” ujar Ummi.

Pos COZI di NTT. (Foto:LKC)

Ia juga menjelaskan Pos Cozi ini selain memberikan bantuan pangan sarat gizi juga menyediakan pelayanan lain seperti menyediakan ruang menyusui, memberikan konseling ASI (Air Susu Ibu), skrining gizi balita dan stress release activity.

“Antusiasme para penyintas bencana sangat luar biasa ya, banyak keluarga balita ada ayah, ibu, kakak dari balita dan balita antri untuk mengambil makanan yang kita sediakan, bahkan ada satu ayah mengantri makanan dan meminta untuk diisi di kantong plastik untuk dibawa pulang ke anak, karena saat pembagian anaknya tidak di posko kemudian ada juga balita yang meminta untuk menambah bubur” imbuhnya.

Ummi juga menjelaskan semua petugas dari LKC-DD NTT dan para penyintas bencana tetap berupaya untuk terus mengedapankan protokol kesehatan.