6 Langkah Evakuasi Mandiri Saat Banjir

JAKARTA – Lebih banyak orang meninggal karena banjir setiap tahun daripada tornado, badai atau angin topan. Rata-rata, banjir menewaskan 89 orang setiap tahun. Peringatan dan persiapan sebelum banjir terjadi dapat membuat perbedaan yang cukup nyata antara hidup dan mati.

Berikut ini adalah 6 langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi banjir seperti dilansir dari instagram DMC Dompet Dhuafa.

1. Tetap terinformasi
Tetap waspada dengan menyalakan TV, radio, atau aplikasi InaRisk untuk menerima pembaruan cuaca terbaru dan instruksi darurat. Miliki rencana ke mana harus pergi jika kamu perlu mencapai tempat yang lebih tinggi dengan cepat dan dengan berjalan kaki.

2. Persiapkan keluarga mu jauh sebelum cuaca buruk.
Kumpulkan perlengkapan siaga bencana atau tas siaga bencana yang terdiri dari barang-barang dasar yang mungkin dibutuhkan rumah tangga mu dalam keadaan darurat. Kamu dan keluarga mungkin perlu bertahan hidup sendiri setelah badai melanda atau banjir terjadi. Ini berarti memiliki air, makanan, dan kebutuhan penting lainnya sendiri dalam jumlah yang cukup untuk bertahan setidaknya selama 72 jam sangat dibutuhkan.

3. Siapkan rencana komunikasi darurat
Siapkan rencana komunikasi darurat yang dipahami oleh semua anggota keluarga. Banyak keluarga mengalami stres yang tidak perlu saat bencana melanda karena mereka tidak memiliki rencana untuk memperingatkan, tetap aman dan bertemu satu sama lain setelah badai berlalu.

4. Tahu tentang banjir, dan tahu apa yang harus diperhatikan.
– Ketahui risiko banjir di lokasi mu
– Buatlah rencana darurat banjir
– Bangun atau lengkapi peralatan kesiapsiagaan darurat, termasuk senter, baterai, uang tunai, dan persediaan pertolongan pertama.
– Pertimbangkan untuk membeli asuransi banjir

5. Berbalik, Jangan Tenggelam!
Untuk menghindari terjebak banjir, jangan berjalan atau berkendara melewati air banjir. Air yang mengalir setinggi enam inci dapat menjatuhkan mu, dan setinggi satu kaki dapat menyapu kendaraanmu.
6. Setelah banjir
Setelah banjir, kembalilah ke rumah hanya jika pihak berwenang mengatakan sudah aman.