DD Sulteng Silaturahmi ke Baznas untuk Perkuat Pengelolaan Ziswaf

PALU – Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah berkunjung ke Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sulawesi Tengah untuk menyambung silaturahmi antar sesama entitas yang bergerak dibidang pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah.

“Keberadaan Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah dengan aktivitas sosial yang selama satu tahun terakhir ini (2020-2021) semoga bisa membantu program pemerintah Prov. Sulteng khususnya BAZNAS Prov. Sulteng dalam mengentaskan kemiskinan, dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat khususnya Kota Palu dan sekitarnya,” papar Ustadz Ahmad Fauzi Qosimsekretaris Dewan Pengawas Syariah (DPS) Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa Sulteng juga melaporkan bahwa dalam waktu dekat ini DD Sulteng akan bersinergi dan kolaborasi dengan beberapa lembaga sosial lokal yang ada di Kabupaten/Kota di prov. Sulawesi Tengah untuk menjadi perpanjangan tangan di wilayah yang belum terdapat kantor layanan Dompet Dhuafa.

Mitra yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa Sulteng ini disebut Mitra Pengelola Zakat-Dompet Dhuafa (MPZ-DD), dimana tugas dan fungsi MPZ DD ini adalah menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana zakat, infaq, sedekah, atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR).

“Diketahui bersama, bahwa Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR) adalah lembaga yang terdaftar resmi sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional dan telah memiliki izin resmi dari BAZNAS dan Kementrian Agama Republik Indonesia. Sehingga pijakan hukum MPZ DD yang bergerak di Sulawesi Tengah ini, khususnya di Kota Palu dan sekitarnya itu bergerak atas nama dan legalitas Yayasan Dompet Dhuafa Republika,” ujar Ustadz Imam Alfaruq selaku Senior Officer Aliansi Strategis-Mitra Pengelola Zakat Dompet Dhuafa.

Pimpinan BAZNAS Prov. Sulteng menyambut baik kehadiran Jajaran DPS DD Pusat Jakarta dan Pengurus Cabang Sulawesi Tengah, yang telah jauh hadir dari Jakarta di Kota Palu dan menyambut baik atas inisiatif Dompet Dhuafa Sulteng yang ingin melebarkan jangkauan penyebaran manfaat atas program zakat, infaq dan sedekah.

“Semoga dengan peran dan fungsi Mitra Pengelola Zakat yang menjadi perpanjangan tangan Dompet Dhuafa dalam membantu masyarakat miskin dan dhuafa di Kota Palu dan sekitarnya bisa lebih optimal membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan,” terang Pak Azhari, Ketua 1 BAZNAS Bid. Pengumpulan, dikutip dari dompetdhuafa.org.