AS Segera Bantu India Atasi Lonjakan Covid-19

Tungku kremasi di India tak pernah padam sejak pandemi covid melanda. Foto:Getty Images

WASHINGTON – Amerika Serikat segera mengirim bahan mentah untuk vaksin COVID-19, peralatan medis, dan alat pelindung untuk membantu India menanggapi lonjakan besar infeksi virus korona, kata Presiden AS Joe Biden, Ahad (25/4/2021).

“Sama seperti India mengirim bantuan ke Amerika Serikat karena rumah sakit kami tegang pada awal pandemi, kami bertekad untuk membantu India pada saat dibutuhkan,” kata Biden di Twitter setelah Gedung Putih mengumumkan daftar tindakan.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne mengatakan para pejabat AS “bekerja sepanjang waktu” untuk mengerahkan sumber daya dan pasokan yang tersedia untuk membantu India memproduksi vaksin Covid-19 dan merawat jutaan orang India yang sakit dan sekarat.

“Amerika Serikat juga akan mengirimkan alat terapi, alat uji diagnostik cepat, dan ventilator, ” Emily Horne.

Washington berada di bawah tekanan yang meningkat yang diminta untuk membantu India, setelah Inggris, Prancis, dan Jerman menjanjikan bantuan selama akhir pekan.

Dikutip dari Reuters, Senin (26/4/2021), Perdana Menteri India Narendra Modi mendesak semua warga untuk divaksinasi dan berhati-hati, karena negara itu mencetak rekor global untuk infeksi COVID-19 baru dalam satu hari.