Di Australia Mengukur Kesuburan Tanah dengan Celana Dalam Katun Putih

Di Australia celana dalam digunakan untuk mengukur kesuburan tanah. Foto: Oliver Knox

ARMIDALE – Apa manfaat pakaian dalam katun putih untuk kesuburan tanah di pertanian atau kebun Anda? Ternyata cukup banyak.

Ratusan orang – dari petani hingga anak sekolah – mengubur celana dalam katun mereka di kebun mereka untuk digali delapan minggu kemudian sebagai bagian dari proyek sains warga yang disebut Soil Your Undies Challenge yang dimulai di Amerika Serikat sebelum menyebar ke luar negeri dan sekarang menjadi momentum di Australia.

Kapas untuk kain celana dalam terbuat dari gula yang disebut selulosa, menjadikannya camilan lezat bagi mikroba dan pasukan pengurai kecil lainnya yang hidup di tanah. Kondisi pakaian saat diambil akan menunjukkan kesehatan mikrobioma. Jika sisa kain tidak banyak, berarti tanah sehat dan penuh aktivitas. Jika sebagian besar masih utuh, maka pekerjaan diperlukan untuk memperbaiki situasi.

Oliver Knox, dosen senior di School of Environmental and Rural Science, University of New England (UNE) di New South Wales dan CottonInfo, program perluasan bersama industri kapas Australia, berada di belakang upaya tersebut, yang dimulai pada 2018 ketika Knox dan Sally Dickinson, petugas penyuluhan regional di CottonInfo, bertanya kepada 50 petani apakah mereka bersedia mengubur pakaian dalam mereka untuk ilmu pengetahuan.

“Mereka tidak hanya melakukannya, tetapi mereka bersaing satu sama lain, mengatakan hal-hal seperti: ‘Tanah saya lebih baik dari tanah Anda karena saya memiliki lebih banyak celana yang terdegradasi,’” kata Knox sambil tertawa seperti dikutip dari Aljazeera, Kamis (29/4/2021).