Sinergi FOZ dan BNPT dalam Upaya Pencegahan Terorisme

JAKARTA – Forum Zakat (FOZ) dan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) menggelar pertemuan di Kantor Pusat BNPT yang berlokasi di Sentul Bogor. Rabu (28/2/2021). Pada kesempatan ini, hadir Sekretaris Umum BNPT Mayjen TNI Untung Budiharto dan Ketua Umum FOZ Bambang Suherman didampingi jajaran masing-masing.

Pada pertemuan ini, kedua belah pihak memiliki kesepahaman yang sama terkait pentingnya penguatan upaya pencegahan tindak pidana terorisme di lingkungan pengelola zakat.

Salah satunya melalui edukasi kepada organisasi pengelola zakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan terorisme dan akuntabilitas. BNPT juga bersedia memberikan kelas-kelas penguatan kapasitas amil zkaat untuk pencegahan tindak terorisme kepada organisasi pengelola zakat.

“Insya Allah ke depan FOZ dan BNPT akan memperkuat upaya pencegahan melalui edukasi untuk meningkatkan kapasitas Amil dan akuntabilitas OPZ,” ucap Agus Budiyanto, Direktur Eksekutif FOZ kepada kbknews.

Dalam hal ini, ditambahkan Agus, FOZ juga melakukan upaya mitigasi sejak 2016 dalam bentuk sertifikasi Amil Zakat dimana dalam sertifikasi Amil Zakat khususnya yang tingkat ahli Amil, ada satu kompetensi khusus bagi ahli Amil untuk dapat menerapkan kebijakan anti pencucian uang dan anti tidak pidana terorisme.

“Mohon doanya agar menjadi kolaborasi yang produktif bagi gerakan zakat,” tutup Agus.