Babi Ngepet Ala Ustadz

Gara-gara pengin ngetop dan banyak undangan ceramah, ustadz Adam Ibrahim tega bikin berita hoaks.

SEORANG ustadz jika ingin terkenal berusahalah masuk TV. Sedangkan untuk bisa masuk TV haruslah didukung oleh konten dan penampilan yang bisa menarik pemirsa. Tapi di Depok, ada ustadz ingin ngetop justru menciptakan berita hoaks tentang babi ngepet, dialah “ustadz” Adam Ibrahim! Ya memang langsung terkenal, meski hanya barang beberapa hari. Habis itu dia akan tenggelam, tak pernah lagi ceramah-ceramah di mesjid-mushola kampung, karena harus “bertapa” di penjara. Padahal mestinya, di bulan ramadhan penuh berkah ini dia banyak iktikaf di mesjid!

Tak bisa dipungkiri sebagian masyarakat kita masih banyak yang percaya hal-hal mistik termasuk ilmu klenik. Ketika ada orang sering kehilangan uang di rumahnya, langsung babi ngepet jadi tersangkanya. Jika bukan dia, bisa juga si thuyul yang konon setan atau jin berbentuk bocah telanjang. Konon katanya, dua species ini makhluk alam gaib yang paling ahli mencari duit, meski omsetnya tak sebanyak yang didapat oleh para kaum Youtuber.

Sebagai seorang ustadz mestinya Adam Ibrahim memerangi berbagai pemahaman yang mengarah ke kemusyrikan. Tapi dia justru tidak. Ketika heboh babi ngepet melanda kampungnya, malah dia memanfaatkan untuk mendongkrak popularitasnya. Maklum, sekian lama disebut ustadz oleh masyarakat lingkungan Bedahan Kecamatan Sawangan Depok, namanya tak juga terkerek, apa lagi masuk TV, jauuuuuh……

Dilihat dari video saat Adam Ibrahim memberikan tausiah pada jemaah di kampungnya, boleh juga memang. Gayanya sudah mirip ustadz-ustadz layar kaca. Cuma rejeki saja belum jadi miliknya. Yang manggil pengajian baru lingkungan kampungnya saja, belum sampai tingkat kecamatan, apa lagi balaikota. Karenanya, ketika sepi undangan ceramah, Adam Ibrahim kembali ke profesi aslinya, tukang bikin kandang burung.