Singa di India Juga Terpapar Covid-19

Delapan ekor singa di taman Safari Nehru (NZP), Ahmedabad, Negara Bagian Gujarat, India dilaporkan tepapar Covid-19.

TIDAK hanya ratusan ribu warganya yang terpapar dan ribuan yang tewas setiap hari akibat serangan gelombang kedua atau disebut tsunami Covid-19 di India, hewan buas sepert singa pun sudah tertular pandemi akibat virus corona tersebut.

Delapan singa penghuni taman safari Nehru Zoolozical Park (NZP) di Ahmedabad,  Negara Bagian Gujarat, India dinyatakan positif Covid-19, diketahui oleh dokter hewan di taman tersebut yang kehilangan nafsu makan dan mengalami batuk-batuk akibat serangan virus.

Menurut Pusat Selular dan Biologi Molekuler (CCMB) setempat, dari specimen yang diambil dari delapan singa menggunakan RT-PCR, menunjukkan hasil positif  paparan virus corona, masing-masing empat jantan dan empat betina dari total taman safari selus 40 Ha yang dihuni 12 ekor singa.

Kurator NZP, Subhadra Devi kepada the Daily Mail mengemukakan,  saat pihaknya melihat gejala keluarnya cairan dari hidung singa-singa tersebut, mereka memutuskan segera mengirim sampel untuk menguji kemungkinan infeksi virus.

Sejauh ini ke delapan singa tersebut diisolasi satu dan lainnya juga dengan penghuni taman safari lainnya dan dilaporkan kondisinya sudah membaik.

Menurut catatan, sejauh ini belum pernah terbukti adanya penularan virus corona dari hewan ke manusia (zoonosist), namun sebelumnya empat singa di kebun binatang Barcelona, Spanyol dan seekor harimau di kebon binatang Tennesee, AS juga dilaporkan terpapar virus corona.

Di India sampai 5 Mei 2021, tercatat 20.658.234 orang terpapar Covid-19 sebagian besar oleh varian baru virus B1.617 yang memiliki daya tular lebih tinggi dan lebih mematikan dan 3.240.038 orang meninggal.

Jika tidak ingin mengalami outbreak atau ledakan Covid-19 seperti terjadi di India, kepatuhan terhadap prokes 5 M termasuk larangan mudik harus terus ditingkatkan.