Pejuang Palestina Serang Mobil Pemukim Israel

Pasukan Israel lakukan pengamanan setelah mobil pemukim Israel diserang pejuang Palestina.

NABLUS – Pejuang Palestina menembak kendaraan pemukim Israel di jalan menuju kompleks permukiman Israel Elon Moreh, yang dibangun di atas tanah warga Palestina di sebelah timur Nablus, wilayah utara Tepi Barat yang diduduki penjajah Israel.

Saluran TV12 Israel, Rabu (2/6/2021) malam melaporkan, mobil seorang pemukim pendatang Israel diserang di dekat kompleks permukiman Israel Elon Moreh, tetapi tidak ada korban luka yang dilaporkan. Pasukan Israel segera menutup pos pemeriksaan Hawara, selatan Nablus, dan Beit Furik, timur kota pasca penembakan terjadi.

Mereka juga menutup Desa Deir al-Hatab, Azmut dan Salem. Warga dicegah untuk masuk dan keluar, bersamaan dengan penyisiran secara ekstensif untuk mencari pelaku penembakan.

Nama “Elon Moreh” digunakan pada upaya pertama untuk mendirikan permukiman Israel di tanah kota Rojib pada tahun 1974, akan tetapi gagal menjadikan upaya kedua di atas tanah kota Deir al-Hatab, Salem dan Azmut.

Ketika permukiman itu didirikan, populasinya sekitar 250 pemukim Israel, dan jumlah mereka meningkat menjadi hampir seribu pada tahun 1999, tetapi angka terakhir masih dirahasiakan.

Ambisi permukiman “Elon Moreh” tidak pernah berhenti melakukan ekspansi. Permukiman ini meluas ke banyak gunung dan lereng sampai sekarang menghadap pegunungan Al-Badhan dari utara dan timur, dan sangat dekat dengan rumah warga Palestina di kota Deir al-Hatab dan Salem.

Elon Moreh adalah permukiman industri. Pada tahun 1980, otoritas pendudukan Israel mulai membangun zona industri milik permukiman, yang mencakup banyak pabrik.

Dilansir Pusat Informasi Palestina, Kamis (3/6/2021), pada tahun 1996, otoritas pendudukan Israel membangun jalan bypass, lebar sekitar 20 meter, untuk mencapai permukiman “Alon Moreh” dan menghubungkannya dengan permukiman “Itamar” dan kamp Hawara, mereka mengepung kawasan penduduk desa-desa dan kota-kota Salem, Deir al-Hatab, dan Azmut. Mereka mengelilinginya dari selatan, timur dan utara.