Relawan DMC Gelar Fogging Lokasi Banjir Solokanjeruk Usai Servis Motor Gratis

BANDUNG – Hujan dengan intensitas deras yang melanda beberapa wilayah beberapa hari lalu mengakibatkan tanah longsor di beberapa wilayah di Jawa Barat. Beberapa wilayah terdampak dengan cepat direspon oleh Relawan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa untuk memberikan bantuan mulai dari evakuasi, pembersihan sisa longsor, pembuatan dapur umum, sampai layanan service motor gratis bagi masyarakat yang terdampak.

Relawan DMC Dompet Dhuafa kembali melakukan respon cepat dari bencana yang melanda dengan melakukan fogging atau pengasapan di wilayah RW. 01, 02, dan 03 Desa Panyadap, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jum’at (11/6/2021). Hal ini dilakukan guna mencegah timbulnya jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Relawan DMC Dompet Dhuafa melakukan pengasapan dengan perlahan dan teliti di seluruh wilayah RW. 01, 02, dan 03. Aksi respon ini dimulai dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB dan kegiatan ini sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun karena fogging ini adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan setelah pembersihan wilayah banjir dan tanah longsor oleh Relawan DMC Dompet Dhuafa. Kita ketahui bersama, sisa-sisa genangan yang diakibatkan oleh banjir dan tanah longsor menjadi sarang berkembang biak nyamuk penyebab DBD.

“Wilayah terdapak banjir dan tanah longsor menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak, ini bisa membahayakan kesehatan masyarakat yang menjadi penyintaas banjir dan bencana serupa. Maka dari itu pengaasapan bisa mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tersesbut,” jelas Adi Malo selaku Koordinator Relawan DMC Dompet Dhuafa dilansir dari laman Dompet Dhuafa.

Tidak mudah memang menjadi soerang relawan saat respon kebencanaan. Segala keterbatasan dari makanan, air bersih juga akses kesehatan. Harus berhari-hari, bahkan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan di lokasi bencana. Ini lah yang dirasakan oleh Relawan DMC Dompet Dhuafa, mereka membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan akibat bencana sampai benar-benar kehidupan beranjak normal kembali.