Australia akan Kirim Bantuan Vaksin, Ventilator, dan Tabung Oksigen untuk Indonesia

Vaksin Sinovac, China yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba sebanyak 1,2 juta dosis dan menyusul 1,8 juta dosis Januari 2021. Prioritas vaksinasi akan dilakukan pada tenaga kesehatan.

JAKARTA – Australia akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin Covid-19 merek AstraZeneca dan 40.000 alat tes rapid-antigen  untuk Indonesi.

Australia juga akan memberi bantuan berupa 1.000 ventilator, sekitar 700 oksigen konsentrator, lebih dari 170 tabung oksigen, dan pasokan medis lainnya.

“Belum ada jadwal dan waktu pengiriman masih diproses,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia kepada Anadolu Agency, Kamis.

Dilansir dari keterangan Kementerian Luar Negeri Australia, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Kamis kemarin.

Australia memberikan bantuan kepada Indonesia yang sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

“Dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, mempertahankan layanan kesehatan yang ada, dan membantu fasilitas medis darurat di saat Indonesia menangani jumlah kasus yang terus meningkat,” kata Marise dalam keterangannya.

Australia berharap vaksin Covid-19 yang diberikan dapat membantu proses vaksinasi nasional di Indonesia.