Menkes: Tidak Ada Pandemi Selesai dalam Satu Tahun

Ilustrasi/ pixabay

JAKARTA – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan indonesia kini tengah menghadapi gelombang kedua pandemi corona dan tidak perlu berambisi mengatasi pandemi dalam waktu cepat.

“Karena banyak pandemi baru bisa selesai 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada yang mencapai ratusan tahun. Jadi kita tidak usah terlalu berambisi bisa mengatasi pandemi dalam waktu 1 tahun. Itu jarang sekali hampir tidak ada saya rasa,” kata Budi, secara virtual, Minggu (11/7/2021).

Virus Corona memang tidak sefatal virus lainnya, seperti HIV, MERS, atau TBC, karena tingkat kematiannya secara persentase rendah. Tetapi yang bahaya dari virus ini adalah penularannya sangat tinggi.

Budi memaparkan, data di dunia mengatakan bahwa dari 100 orang yang terinfeksi, 80% bisa isolasi mandiri dan diharapkan dalam 14 hari bisa sembuh, 20% masuk RS untuk dirawat, 5% dari 20% itu perlu ke ICU, dan 1,6-1,7% dari 20% itu yang wafat.

“Jadi, kalau yang kena 100 ribu kasus aktifnya, mungkin masih bisa ditangani. Tapi kalu yang kena jadi 1 juta, RS kita tidak akan mampu menangangi 20% dari jumlah itu,” tambah Budi, dilansir Sindonews cc   c c  c.