New York Uji Coba Gunakan Robot Anjing Bantu Polisi

Polisi Newyork gunakan Robot Anjing untu bantu tugasnya. Foto: scientificamerican

NEW YORK – Departemen Kepolisian Kota New York (NYPD) mulai menyewa robot mirip anjing—model Spot dari Boston Dynamics. Pasukan Robot Anjing itu dijuluki Departemen Digidog.

Penyewaan itu sudah berjalan 1 tahun, petugas mengerahkan robot hanya dalam beberapa kasus, seperti penyanderaan di Bronx dan insiden di perumahan umum di Manhattan.

Saat publik mengetahui dari berita viral yang disertai foto dan video aksi Digidog, departemen kepolisian mendapat reaksi balik dari publik.

Publik keberatan karena biaya robot mahal dan yang lebih dikhawatirkan penggunaannya mengancam kebebasan sipil. Banyak yang menganggapnya menyeramkan.

Karena banyak komplen dari Publik, NYPD tiba-tiba menghentikan penyewaan dan berhenti menggunakan robot sejak Juni lalu. Namun, departemen kepolisian AS lainnya telah menguji model Spot (Robot Anjing _Red) mereka sendiri.

“Spot sangat pandai dalam menangani tugas-tugas yang membosankan, kotor, dan berbahaya,” kata juru bicara Boston Dynamics

“Inisiatif memberikan keselamatan publik, termasuk departemen kepolisian, sering menghadapi pekerjaan berbahaya, seperti memeriksa bom, mengobrak-abrik sisa-sisa ledakan atau kebakaran, atau bahkan mengurangi situasi yang berpotensi berbahaya.”

Faktor sosial dan sejarah yang kompleks mempengaruhi keputusan NYPD untuk menarik Digidog dari tugas.

“Ini bukan waktu yang tepat bagi [NYPD] untuk mencoba ini,” kata David J. Gunkel, profesor komunikasi di Northern Illinois University kepada Scientific American.