Vaksinolog: Perluasan Cakupan Vaksinasi Lebih Baik Dibanding Vaksin Ketiga

Saat pemerintah baru mulai melancarkan vaksinasi massal sejak 13 Januari lalu untuk menjangkau 182 juta penduduk agar tercipta herd immunity, muncul usulan dari pengusaha untuk mengadakan vaksinasi mandiri.

JAKARTA – Vaksinolog sekaligus dokter spesialis penyakit dalam Dirga Sakti Rambe mengatakan perluasan cakupan vaksinasi saat ini lebih baik diutamakan dibandingkan memberikan vaksin ketiga bagi masyarakat umum.

“Agak percuma kalau kita 10 kali divaksinasi tapi orang-orang di sekitar kita belum divaksinasi. Jadi lebih baik fokus memperluas cakupan vaksinasi ketimbang memberikan suntikan ketiga, keempat pada orang-orang yang sama,” kata Dirga, dikutip Antara.

Suntikan ketiga atau booster sendiri di Indonesia baru diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes), mengingat risiko yang mereka hadapi sebagai ujung tombak perawatan pasien COVID-19.

Menurutnya, meski antibodi mengalami penurunan enam bulan setelah melakukan suntikan kedua vaksin COVID-19 tapi hal tersebut tidak mengurangi perlindungan akan penyakit yang menyerang pernapasan itu.