Kemenkes Terbitkan Edaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

ILUSTRASI Industri farmasi Sinovac, China dan Istituto Butantan, Brazil mulai menguji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 yang diharapkan bisa dirilis lalu diproduks massal pada akhir 2020.

JAKARTA – Kementerian Kesehatan menerbitkan surat edaran (SE) yang mengizinkan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

“Dengan terbitnya aturan ini, Kemenkes menginstruksikan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19, agar segera memulai pemberian vaksinasi bagi ibu hamil terutama di daerah dengan tingkat penularan kasus COVID-19 tinggi,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati kepada wartawan.

Dia menjelaskan bahwa ibu hamil nantinya akan diberikan suntikan vaksin Covid-19 merk Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac.

Dosis pertama, kata dia, akan diberikan pada trisemester kedua kehamilan, dan dosis kedua akan dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Merujuk pada SE tersebut, kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil akan dimasukkan dalam kriteria khusus. Sehingga, proses skrining atau penyaringan vaksinasi tersebut dilakukan secara lebih detail dibandingkan dengan sasaran lain.