LKC Dompet Dhuafa Pantau Warga Isolasi Mandiri di Jakarta Timur

JAKARTA – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jakarta bersama dengan pihak Puskesmas dan Kelurahan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, mengadakan kegiatan home visit ke rumah-rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, Senin (26/7/2021).

Pelaksanaan kegiatan ini masuk dalam program Kampung Cekal Corona, berlangsung dari 26 sampai 30 Juli 2021. Pelaksanaannya berupa pemantauan meliputi pendataan menggunakan formulir asesmen dan dilakukan pengecakan suhu tubuh, tekanan darah, pemeriksaan saturasi oksigen.

Kemudian, dicek apakah ada komorbid. Lalu, dilakukan pengecekan General Check Up (GCU) sesuai dengan kondisi tubuhnya dan pemberian vitamin C.

“Kami juga lakukan edukasi kesehatan,” ujar Eka Rowiyan selaku penanggung jawab kegiatan.

Kunjungan rumah yang dilakukan kali ini didampingi oleh tiga tim kesehatan yang masing-masing terdiri dari dua orang tenaga kesehatan.

“Kami melakukan pemantauan kesehatan dengan dibantu oleh tiga tim kesehatan yang memantau warga yang sedang isolasi mandiri atau isoman dan didampingi oleh pihak RW dan kader setempat,” jelas Eka.

Salah seorang penerima manfaat mengungkapkan kegiatan yang dilangsungkan hari ini sangat bermanfaat baginya.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya merasa sangat terbantu mendapatkanpemeriksaan kesehatan. Mulai dari tekanan darah dan tadi juga diberikan vitamin C oleh tim yang memberikan edukasi kesehatan,” ungkap salah seorang penerima manfaat yang sedang melakukan isolasi mandiri.