Presiden Baru Iran Janji Tetap Dukung Kemerdekaan Palestina

ilustrasi

TEHERAN – Presiden baru Iran, Ebrahim Raisi menegaskan kepada Hamas akan tetap mendukung rakyat dan organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Dalam acara pelantikan,  Raisi juga menyampaikan pujian dan ucapan terima kasih kepada rakyat Palestina atas pengorbanan para pejuang untuk memerdekakan negara itu. Dia juga menyampaikan ucapan untuk menyemangati rakyat Palestina yang ditahan oleh Israel.

Di dalam pertemuan itu, Kepala Hamas Ismail Haniyeh, seperti dilansir Anadolu, juga membahas soal perkembangan terkini di Palestina dan hasil dari peperangan terakhir dengan Israel dan Hamas di Jalur Gaza selama 11 hari pada Mei lalu.

Raisi dilantik menggantikan Hassan Rouhani yang menjabat sebagai presiden Iran selama delapan tahun berturut-turut.

Iran sampai saat ini terus menyatakan tetap mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka dari penjajahan Israel. Hamas sebagai salah satu kelompok pejuang di Palestina mereka berpaham Sunni memang menjalin hubungan dengan Iran yang mayoritas Syiah.

Hamas menyatakan hubungan mereka dengan Iran hanya sekedar bentuk dukungan politik, dan bukan sebagai wujud mereka berada di bawah pengaruh negara itu.