WHO Sumbang 700 Oksigen Konsentrator untuk Indonesia

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyambut baik bantuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berupa 700 oksigen konsentrator untuk membantu penanganan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Kami menyambut baik dan menghargai dukungan kepada Indonesia dalam upaya kami melawan pandemi Covid-19,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers, Minggu malam.

Perwakilan WHO Indonesia N Paranietharan mengatakan mobilisasi alat pendukung ini merupakan bentuk solidaritas untuk mengatasi pandemi.

“Dengan kekurangan oksigen yang dilaporkan, banyak rumah sakit dan unit perawatan intensif sudah melebihi kapasitasnya. Kita membutuhkan dukungan di tingkat nasional dan internasional untuk mengatasi masalah ini bersama-sama,” kata Paranietharan.

WHO juga memberikan dukungan teknis untuk Indonesia dan mendukung upaya mempercepat pemerataan program vaksinasi nasional.

Kementerian Kesehatan telah menerima bantuan tersebut di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat lalu untuk segera dialokasikan ke fasilitas kesehatan yang tersebar di Indonesia.