Banjir di Aceh Besar Mulai Surut, Warga Kembali dari Pengungsian

Ilustrasi Banjir bandang Aceh tenggara rusak sejumlah fasilitas/ Serambi Indonesia

ACEH BESAR – Ratusan warga terdampak  banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, mulai kembali dari tempat pengungsian karena banjir yang merendam rumah mereka mulai surut.

“Warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing seiring debit air sudah surut dan intensitas hujan mulai reda,” kata Kepala BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui petugas Pusdalops Maswani di Aceh Besar, Rabu, dikutip Antara.

Sebelumnya, BPBD Aceh Besar mencatat sebanyak 412 jiwa dari 117 kartu keluarga (KK) di kabupaten setempat telah mengungsi akibat banjir dan longsor di kawasan tersebut.

Warga yang mengungsi tersebut dari Gampong (desa) Pudeng Kecamatan Lhoong sebanyak 107 KK atau 358 jiwa. Kemudian dari Gampong Lambaro Neujid sebanyak 10 KK atau 54 jiwa.

Sementara ini, kata Maswani, tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir dan longsor di Aceh Besar, mengenai dampak kerusakan dan lainnya masih dalam proses pendataan petugas.

Meski air mulai surat, lanjut Maswani, petugas BPBD Aceh Besar masih tetap bersiaga dan memantau kondisi terkini di lokasi, serta ikut membantu warga membersihkan rumah yang terkena banjir.