Kemenkes: Vaksin Moderna Mulai Didistribusikan ke Daerah untuk Masyarakat Umum

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan mulai mendistribusikan vaksin virus corona (Covid-19), Moderna ke sejumlah provinsi untuk masyarakat umum.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan penyuntikan vaksin Moderna ini khusus untuk dosis kesatu dan dua.

Namun, Nadia belum memberikan detail terkait waktu pelaksanaan vaksinasi masyarakat umum menggunakan Moderna, termasuk provinsi yang akan menerima vaksin tersebut.

Nadia menyebut pengiriman vaksin Moderna ke daerah memiliki sedikit kesulitan. Menurutnya, vaksin jenis mRNA harus disimpan dalam penyimpanan khusus.

Vaksin tersebut berbeda dengan vaksin-vaksin lain yang aman dalam suhu kulkas, yakni 2-8 derajat celcius. Sementara vaksin Moderna harus disimpan di suhu minimal minus 20 derajat celcius.

Vaksin Moderna memiliki efikasi atau tingkat keampuhan dalam melawan virus corona sebesar 94,1 persen pada kelompok usia 18 hingga 65 tahun. Serta 86,4 persen pada usia di atas 65 tahun.

“Kita memang agak sedikit hati-hati ya, karena memang pengelolaan rantai dinginnya berbeda,” ujar Nadia, dilansir CNNIndonesia.