Tersedia 200.060 Dosis Vaksin Moderna di DKI Jakarta untuk Warga Umum

Ilustrasi

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan total dosis vaksin merek Moderna kepada masyarakat umum yang tersedia di 36 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Ibu Kota.

“Vaksin COVID-19 Moderna diberikan untuk masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin Astra Zeneca dan Sinovac,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Senin.

Menurut dia, sebanyak 200.060 dosis vaksin itu mencakup dua dosis yang diberikan untuk 100.030 orang masyarakat umum/non tenaga kesehatan dengan interval pemberian vaksin selama 28 hari.

Masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin Sinovac dan Astra Zeneca itu, kata dia, harus melengkapi surat keterangan dokter yang berpraktik di fasilitas kesehatan mana pun atau tidak harus BPJS dan surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik.

“Perlu kami tekankan bahwa tidak ada vaksin Moderna booster dosis ketiga untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan,” ucapnya.

Vaksin COVID-19 Moderna itu, kata dia, hanya diberikan kepada warga KTP atau domisili DKI Jakarta, dibuktikan dengan surat domisili yang dikeluarkan minimal oleh RT setempat dan surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik.

Vaksin produksi Amerika Serikat itu merupakan vaksin COVID-19 dengan platform mRNA dan nukleosida yang dimodifikasi agar dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2, sehingga dapat mencegah penyakit COVID-19.

Pemberian vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta yang memiliki dokter penyakit dalam dan konsultan alergi imunologi per tanggal 17 Agustus 2021.