BIN Deteksi Dini Kelompok Teroris yang Punya Kedekatan dengan Taliban

Taliban berhasil duduki Ibukota Kabul, dan meraih kemenangan atas kepemimpinan Afghanistan dari Presiden Ashraf Ghani/ AP foto

JAKARTA – Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto mengatakan lembaganya tengah melakukan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok teroris di Indonesia yang memiliki kedekatan ideologi dan jaringan dengan Taliban. Upaya antisipatif ini dilakukan dilakukan usai kelompok Taliban menguasai Afghanistan sejak beberapa hari terakhir.

“Pasca kemenangan Taliban menguasai Afghanistan, BIN bersama jajaran intelijen melakukan langkah antisipatif dengan memperkuat deteksi dini dan cegah dini terutama kepada kelompok teroris yang memiliki kedekatan ideologis dan jaringan dengan Taliban,” ujar Wawan lewat keterangan dikutip dari tempo, Jumat (20/8/2021).

Ia menyebut, selama ini pergerakan kelompok teroris di Indonesia sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan situasi di tingkat global dan regional.

“Pada saat ISIS mendeklarasikan cita-citanya untuk mewujudkan Negara Islam di Irak pada 2014, ada beberapa WNI yang tertarik untuk menjadi bagian dari Negara Islam di Irak dan Suriah,” tuturnya