Salurkan Bantuan Yatim bersama Forum Zakat, Menteri PPPA: Anak-anak Tanggung Jawab Kita

JAKARTA – Sebagai bagian dari komitmen dalam menjaga asa anak Indonesia, Forum Zakat bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga melakukan penyaluran bantuan kepada anak-anak Yatim karena Covid di tiga titik lokasi pada Minggu (29/8/2021). Dalam kunjungannya, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan bahwa ia ingin memastikan anak-anak yang ditinggal oleh ayah, ibu atau kedua orang tua akibat Covid-19 terpenuhi secara kebutuhan dan pengasuhannya.

“Ini salah satu dari komitmen kami, dan saya senang sekali karena kali ini didampingi oleh Forum Zakat. Anggota Forum Zakat memberikan bantuan mulai dari pendidikan, wifi, dan lain-lain. Inilah bentuk gerakan bersama yang kita butuhkan, anak-anak ini adalah tanggung jawab kita bersama” ujarnya.

Tingginya angka kematian akibat Covid-19 menurutnya, tentu berdampak besar terhadap hal-hal yang ditinggalkan termasuk di dalamnya adalah perempuan dan anak-anak. “Seperti Fiona yang memiliki mimpi dan cita-cita yang luar biasa, tentu harus didampingi perjuangannya, agar terlindungi dan ini adalah kewajiban kita semua untuk bergotong royong,” tuturnya.

Penyaluran ini diberikan pada tiga keluarga di tiga titik lokasi yaitu Cipinang Jakarta Timur, Bekasi, dan Bintaro Tangerang. Bintang juga menambahkan, masih banyak anak-anak lainnya yang mengalami hal sama dan akan terus dilakukan pendataan lebih lanjut terkait hal ini.

Senada, Sekretaris Umum FOZ, Irvan Nugraha mengatakan Forum Zakat melalui Program Kolaborasi Asa Anak Indonesia akan terus melakukan pendataan terhadap anak-anak yang menjadi yatim karena Covid-19, dan melakukan asessment lanjutan serta menyalurkan bantuan yang tepat sasaran.

“Ini adalah sebuah aksi kepedulian kami Gerakan Zakat Indonesia untuk anak-anak yang menjadi yatim, piatu dan yatim piatu karena Covid-19. Semoga anak-anak tumbuh dengan baik, sehat dan menjadi bagian yang nantinya meneruskan kebaikan sehingga pahalanya akan mengalir pula kepada orangtua yang telah mendahului karena Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, Irvan menjelaskan, bantuan di tiga titik lokasi ini berupa beasiswa pendidikan, pemenuhan hidup dan pendampingan psikologi ini didukung oleh BMH, PPPA Daarul Quran dan Yatim Mandiri. “Kita tak akan berhenti di sini, ada banyak anak-anak yang juga mengalami hal yang sama. Maka, setuju dengan Ibu Menteri, kita akan bergotong royong bersama-sama melakukan penanganan dampak Covid-19 yang salah satunya adalah menjaga anak-anak Indonesia,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri PPPA, Bintang Puspayoga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk anggota Forum Zakat. “Terima kasih Forum Zakat dan 175 anggotanya, menurut kami pendampingan yang diberikan luar biasa sekali terhadap anak yatim, piatu dan yatim piatu. Saya lihat, intervensinya itu tepat sasaran, kami harapkan untuk terus konsisten, mudah-mudahan kita terus dapat bergandengan di tempat lain, berkolaborasi dan gotong royong,” tandasnya.