PPKM Diperpanjang, Tak Ada Lagi Wilayah di Jawa-Bali Masuk Level 4

PPKM yang diberlakukan di wilayah Jawa dan Bali 11 sampai 25 Januari diperpanjang dari 26 Januari sampai 8 Februari karena penyebaran Covid-19 terus naik.

JAKARTA — Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM per level di Jawa dan Bali selama dua pekan.

“Diputuskan bahwa dengan melihat perkembangan yang ada, maka perubahan PPKM level diberlakukan selama dua minggu untuk Jawa dan Bali. Namun evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi begitu cepat. Kami tidak akan melakukan perubahan yang drastis, saya mohon pengertian masyarakat Indonesia untuk hal ini. Kenapa? Karena kita tidak ingin membuat kesalahan dan banyak yang kita tidak ketahui juga mengenai varian delta ini,” ungkap Luhut dalam telekonferensi pers di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Luhut menjelaskan kondisi pandemi COVID-19 diklaim semakin membaik. Hal ini, katanya, terlihat dari angka reproduktif efektif virus corona di tanah air yang pertama kalinya selama pandemi berada di bawah satu atau 0,98.

Kasus harian sudah juga menunjukkan tren perbaikan yakni di bawah 2.000 kasus, dan kasus aktif juga sudah kurang dari 60 ribu.

Dengan berbagai pencapaian tersebut, ujar Luhut, sampai saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten/kota di wilayah Jawa dan Bali yang berada pada status PPKM level 4.