Bazma Pertamina dan Dompet Dhuafa Kolaborasi Bangun Rumah Singgah Pasien

PURWOKERTO – Melihat permintaan rumah singgah pasien semakin hari semakin meningkat, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Baituzzakah PT. PERTAMINA (Persero) Refinery Unit IV Cilacap (BAZMA PERTAMINA) menambah fasilitas Rumah Singgah Pasien. Proses pembangunan dimulai Rabu (22/9) ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan yang menjadi satu komplek dengan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng, di Kota Purwokerto, Kab. Banyumas Jateng.

Hadir dalam acara sekaligus simbolis melakukan peletakan batu pertama diantaranya, Wakil Bupati Banyumas, Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, Ketua Cabang Bazma Pertamina RU IV Cilacap, H. Ahmad Din Sormin, ST, dan Satria Nova, Pimpinan Dompet Dhuafa Jateng. Dengan hadirnya layanan rumah singgah pasien ini, harapannya menjadi solusi bagi pasien-pasien dhuafa dalam menjalani pengobatan di rumah sakit-rumah sakit yang jauh dari kediaman mereka.

Di Rumah Singgah Pasien, selain mendaptkan rumah untuk tinggal, pasien pun dapat megakses layanan lainnya seperti kebutuhan konsumsi, transportasi, pendampingan rohani dan spiritual keagaaman, psikososial, serta layanan palliative. Pasien tidak perlu bolak balik, sehingga para pasien dapat fokus menjalani pengobatan tanpa khawatir harus mencari tempat kos, konsumsi maupun transportasi.

Rumah Singgah Pasien atau Shelter Pasien adalah tempat menginap bagi pasien dan pendamping pasien yang sedang melakukan pengobatan dalam jangka panjang maupun jangka pendek di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Purwokerto. Kab. Banyumas.

Kondisi sosial ekonomi para pasien yang datang dari berbagai wilayah di Barlingmascakeb maupun kab/kota lainnya kebanyakan pasien tidak mampu. Mereka dirujuk ke rumah sakit-rumah sakit yang berada di Kab. Banyumas untuk terapi/perawatan lebih lanjut seperti RSU Margono Soekardjo, RSU Banyumas dan beberapa RS swasta lainnya.