Baznas Buka Beasiswa Riset Program Studi MAZAWA 2021

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) telah meluncurkan program beasiswa riset program studi Manajemen Zakat Wakaf (MAZAWA) 2021 untuk mahasiswa yang sedang menempuh S1. Program beasiswa ini dibuka mulai dari 21 September 2021 hingga 20 Oktober 2021.

Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan bantuan dana riset tentang zakat yang prospektif serta mengembangkan riset tentang zakat bagi kemaslahatan umat.

Beasiswa Riset program Studi MAZAWA ini diluncurkan secara daring oleh Pimpinan Baznas RI yang membawahi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, M.A didampingi oleh Ketua LBB Sri Nurhidayah, Selasa (21/9/2021).

“Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim kita buka Beasiswa Riset program Studi MAZAWA 2021, semoga apa yang menjadi ikhtiar kita ini mendapat ridha dari Allah SWT,” ujar Saidah.

Saidah menjelaskan, Beasiswa Riset program Studi MAZAWA ini sebagai upaya mengembangkan inovasi-inovasi penghimpunan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat sehingga adanya pengembangan dan inovasi hasil riset tentang zakat.

“Beasiswa ini juga merupakan dukungan terhadap peningkatan kualitas prodi MAZAWA yang menjadi tanggung jawab bersama lembaga zakat,” kata Saidah.

Saat ini, menurut Saidah, Baznas memilliki berbagai program beasiswa diantaranya, Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Indonesia, BCB dengan AIU Malaysia, BCB Al-Azhar Mesir, Beasiswa KSU-MUI, Beasiswa Kemitraan Lembaga Eksternal hingga Pendidikan Pasca Bencana.

“Dalam prosesnya, Baznas juga akan memastikan seluruh program beasiswa ini aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI,” katanya.

Sementara itu, Ketua LBB Baznas Sri Nurhidayah menjelaskan, Beasiswa Riset program Studi MAZAWA bekerja sama dengan 16 kampus mitra Baznas. Adapun tahap seleksi berkas akan dilakukan oleh tim LBB Baznas bersama dengan LIPI, Kemdikbud Ristek, juga PUSKAS Baznas.

“Tahap selanjutnya, peserta akan menempuh wawancara final oleh tim LBB Baznas dan Prodi MAZAWA, hingga kemudian peserta beasiswa ditetapkan oleh Pimpinan Baznas,” jelasnya.

Untuk diketahui, program beasiswa Baznas turut bekerja sama dengan dengan 101 kampus mitra beasiswa di seluruh Indonesia, serta telah menghasilkan 1.432 alumni yang telah tersebar di berbagai sektor bidang pekerjaan.