Ratusan Rumah di Kampar Riau Terendam Banjir hingga Satu Meter

Ilustrasi Banjir di Kuantan Singgigi Riau/ Riauone

RIAU – Sebanyak 160 rumah warga di wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau terdampak banjir hingga satu meter akibat hujan dengan intensitas tinggi.

“Berdasarkan informasi, akibat intensitas hujan lebat dan aktivitas perusahaan di sekitar kawasan terdampak menyebabkan kurangnya resapan air. Debit air hujan juga mengakibatkan anak Sungai Suram meluap,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin (27/9/2021), sebagaimana dilansir Okezone.

BPBD provinsi telah melakukan kaji cepat serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya evakuasi dan penanganan banjir. Kondisi mutakhir saat ini, sekitar 64 rumah warga masih terendam banjir dan sisanya masih berada di wilayah yang sudah surut.

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mulai 26 sampai 28 September 2021, wilayah Provinsi Riau sebagian besar didominasi dengan cuaca berkabut, cerah berawan, berawan dan hujan ringan.

Masyarakat di Kabupaten Kampar juga diimbau untuk waspada dengan adanya peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada 26 dan 28 September 2021.