Diterjang Banjir Besar, Lima Rumah Warga di Kapuas Hulu Terdampak Longsor

Ilustrasi Longsor di Cisolok, Sukabumi/ Tribun

KAPUAS HULU – Lima rumah warga di Teluk Barak pesisir Sungai Kapuas Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat terdampak longsor akibat diterjang arus banjir besar yang terjadi 2-3 Oktober 2021.

Salah satu korban tanah longsor H M Isa mengatakan longsor terjadi waktu banjir besar Sabtu malam (2/10/2021), dan longsor di bagian dapur dan sudah merambah ke badan rumah.

Menurut dia, kejadian longsor tersebut sudah terjadi sejak Tahun 2020 lalu hingga saat ini, jika tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak luas bagi pemukiman penduduk di daerah Teluk Barak.

“Kami berharap ada perhatian pemerintah untuk mengatasi longsor yang terjadi di daerah Teluk Barak, jangan sampai terjadi lagi rumah warga longsor,” pinta Isa.

Dipantau ANTARA di lokasi longsor terdapat lima rumah warga di daerah Teluk Barak yang terdampak longsor, empat rumah di hilir jembatan Kapuas yaitu milik Abdul Samad, Jamran, Rahmat Hidayat dan satu rumah lagi di hulu jembatan Kapuas.

Tampak di lokasi longsor anggota Tagana Kapuas Hulu, anggota Tim Reaksi Cepat Pramuka Kapuas Hulu dan anggota Forum Komunikasi Pemuda Melayu Kapuas Hulu berada di lokasi banjir membantu korban tanah longsor.

Ketua Tagana Kapuas Hulu M Hatta mengatakan turut prihatin atas musibah yang menimpa warga korban longsor di Teluk Barak.

Ia berharap pemerintah segera mengambil sikap agar dibangun penyangga atau penahan tebing sehingga tidak terjadi lagi longsor yang berdampak terhadap pemukiman penduduk.

“Kita berharap ada pembangunan penahan tebing agar tidak terjadi longsor lagi,” kata Hatta.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan pihaknya akan meninjau lokasi longsor di Teluk Barak

“Saat ini kami sedang menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran dan meninjau longsor juga di daerah Letuh Kecamatan Hulu Gurung, nanti ada anggota BPBD Kapuas Hulu ke lokasi longsor di Teluk Barak,” kata Gunawan.