Hamas Puji Resolusi PBB soal Hak Palestina

Ilustrasi Rakyat Palestina merayakan kemenangan gencatan senjata, mulai Jumat (21/5/2021) Pukul 02 dinihari. Foto: Ist

PALESTINA – Gerakan perlawanan Palestina Hamas menyambut baik pemungutan suara yang mendukung resolusi PBB untuk membela hak rakyat Palestina menentukan nasib sendiri.

Juru bicara Hamas Hazem Qasem dalam sebuah pernyataan memuji posisi negara-negara yang mendukung resolusi dengan suara mayoritas yang luar biasa pada sesi Majelis Umum PBB (UNGA) baru-baru ini, seperti dilansir Arrahaman.

Ia menekankan bahwa dukungan semacam itu semakin membuktikan terisolasinya pemerintah AS yang “bersikeras menentang hak-hak Palestina dan kehendak internasional.”

Meskipun ditentang oleh AS dan Israel, proposal di Komite Ketiga Majelis Umum PBB itu, pada hari Jumat disetujui dengan suara yang tercatat 158 mendukung 6 menentang dan 10 abstain.

Resolusi UNGA tersebut menekankan “hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, termasuk hak atas Negara Palestina mereka yang merdeka” dan “menekankan urgensi untuk segera mengakhiri pendudukan Israel tanpa penundaan

Dengan teks tersebut, Majelis akan menegaskan kembali hak rakyat Palestina untuk sebuah negara merdeka, mendesak semua negara dan badan-badan khusus PBB untuk mendukung mereka dalam realisasi awal hak untuk menentukan nasib sendiri.

Juru bicara Hamas dalam pernyataan hari Minggu tersebut, kemudian menyerukan diakhirinya pendudukan Israel dan menjanjikan perlawanan sampai kemenangan akhir melawan rezim zionis.