Tiga Desa di Cibinong Cianjur Terisolir akibat Jalan Tertutup Longsor

ilustrasi

CIANJUR – Jalan utama penghubung antar desa di Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Cianjur masih terputus akibat longsor, sehingga tiga desa terisolir.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan pihaknya telah mengirim petugas dibantu Relawan Tangguh Bencana, untuk melakukan pendataan dan penanganan awal. Termasuk berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengirim alat berat ke lokasi agar jalan yang tertutup longsor agar dapat dilalui kembali.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas PUPR Cianjur untuk menurunkan alat berat ke lokasi karena material longsor setinggi 5 meter dengan panjang 15 meter menutup landasan jalan utama penghubung antar desa. Data awal 3 desa terisolir, sehingga aktifitas warga terhambat,” katanya.

Kepala Desa Pamoyanan, Agus Sutiadawa, mengatakan longsor yang menutup jalan utama penghubung antar desa di Kampung Lolongokan, Desa Pamoyanan, terjadi setelah hujan turun deras, sehingga menyebabkan tebing setinggi 20 meter ambruk dan menutup jalan utama antar desa, setinggi 5 meter.

“Jalan utama penghubung 3 desa, Pamoyanan, Cikangkareng dan Sukamekar, tidak dapat dilalui karena longsor setinggi 5 meter menutup akses jalan. Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Cianjur dan dinas terkait untuk menurunkan alat berat, ” katanya, dilansir Antara.

Tidak ada korban jiwa atau kerugian materiil dalam kejadian tersebut, namun aktifitas warga terhambat karena jalan terisolir. Meski ada jalan alternatif, kondisinya rusak berat dan sulit dilalui terutama kendaraan roda empat. Sehingga pihaknya berharap alat berat segera datang agar material longsor dapat disingkirkan.