Capaian Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Lampaui Target WHO

Vaksin Sinovac-PT Biofarma, G-42 buatan UEA dan buatan Astra-Zeneca bersama Oxford University diharapkan siap awal 2021 dan juga bisa digunakan di Indonesia untuk memerangi Covid-19. Vaksin bukan satu-satunya cara, kepatuhan terhadap protokol kesehatan juga harus tetap dilakukan.

JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan capaian vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah melampaui target yang ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikatakannya, cakupan vaksinasi dosis kedua di tingkat nasional sudah mencapai 40 persen populasi di Indonesia.

Ia menyampaikan, pemerintah mengapresiasi peran serta masyarakat dalam program vaksinasi dan berkomitmen untuk terus memperluas cakupan vaksinasi dosis kedua sehingga semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari penularan COVID-19.

“Bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis kedua agar dapat segera mengaksesnya, dan bagi mereka yang sudah agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam segala aktivitas yang dilakukan,” tuturnya.

Meski vaksinasi sudah melampaui target WHO, Wiku tetap meminta seluruh pemerintah daerah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi sebagai modal menghadapi potensi lonjakan kasus.

“Cakupan vaksin penting sebagai modal menghadapi lonjakan kasus yang mulai terjadi, dan harus diupayakan tercapai sebelum terjadinya lonjakan ketiga,” ujarnya.