Webinar Wake Up Wakaf, dr. Pradipta Suarsyaf Tekankan Pengelolaan RS dan Klinik Harus Kembali ke Syariat Islam

JAKARTA – Dalam Webinar Wake Up Wakaf yang dilaksanakan secara daring  pada Rabu (17/11/2021), dr. Pradipta Suarsyaf menyerukan segala bentuk tindakan dan pengelolaan rumah sakit dan klinik yang dimiliki Dompet Dhuafa harus kembali kepada syariat islam.

Selaku Direktur RS Lancang Kuning Dompet Dhuafa, dr. Pradipta mengatakan bahwa RS Lancang Kuning sebagai salah satu RS Wakaf yang dikelola oleh Dompet Dhuafa, tidak hanya memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat umum yang ada di Pekan Baru, namun juga melayani para masyarakat dhuafa yang tidak memiliki biaya berobat.

Hingga saat ini tercatat RS Lancang Kuning telah melayani lebih dari 2000 pasien dhuafa. Di lain sisi, Dompet Dhuafa telah memiliki 7 rumah sakit lainnya serta puluhan klinik yang sama-sama melayani pasien yang tidal mampu.

Ia menuturkan, sejatinya sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang menjadikan orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

“Sesungguhnya al-Quran adalah penyembuh. Boleh Dompet Dhuafa memiliki banyak rumah sakit dan klinik-klinik, namun tetap saja kita perlu kembali pada syariat bahwa Rasulullah selalu sehat dan jarang sekali sakit. Sejatinya, sehat itu adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang menjadikan orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis,” tuturnya.

Dr. Pradipta kemudian mengutip salah satu ayat al-Quran Surah Al-Isra:82, yang artinya, “Dan Kami turunkan al-Quran sebagai penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

“Tergambar jelas bahwasannya dalam al-Quran, kunci dari kesehatan itu adalah keadaan jiwa. Di RS Lancang Kuning kami memberikan layanan perawatan bagi pasien yang terindikasi oleh dokter spesialis mengalami gangguan kesehatan jiwa. RS Lancang Kuning menjadi salah satu dari 3 rumah sakit di Riau yang memiliki rawat inap jiwa. Tidak banyak memang RS di Indonesia yang memiliki pelayanan ini,” terangnya.

Dari segi spiritual dalam agama islam, obat jiwa di antaranya adalah dengan memperbanyak membaca al-Quran, salat termasuk salat-salat sunnah, saling bertemu dengan orang-orang yang sholeh, puasa, dan memperbanyak dzikir kepada Allah.

“Oleh itu, salah satu yang menjadi unggulan di RS Lancang Kuning adalah pelayanan kejiwaan,” lanjutnya.