Jalan di Selatan Cianjur Amblas Setelah Diguyur Hujan Deras Lebih dari Sehari

Ilustrasi/ Jalan pengubung Kuningan-Cirebon amblas/ Radar Cirebon

CIANJUR – Jalan penghubung antar kabupaten di wilayah bagian selatan Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul, amblas sebagian.

Amblasnya jalan mengakibatkan arus lalulintas tersendat, dan petugas dibantu warga menerapkan sistem satu arah bergantian.

Kepala Pengawas Lapangan (Kawaslap) Kementerian PUPR, PPK 2.5 Jabar, Heri Kuswera mengatakan amblasnya landasan jalan penghubung Cianjur-Bandung itu, terjadi setelah kawasan Naringgul, diguyur hujan deras dengan intensitas lebih dari satu hari.

“Akibatnya tebing penyangga jalan di Kampung Ciuja, Desa Sukabakti, longsor sehingga sebagian dari landasan jalan amblas. Kami yang mendapat laporan, langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk memasang garis polisi,” katanya.

Hingga Jumat malam, petugas dari Polsek Naringgul, dibantu warga sekitar berusaha mengatur arus lalulintas yang cukup padat, karena diberlakukan sistem satu arah secara bergantian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, terlebih longsor susulan di bagian bawah jalan rentan terjadi.

Pihaknya, telah melaporkan kejadian tersebut ke Kementerian PUPR Pusat dan BPBD Cianjur, serta aparat setempat, sebelum melakukan perbaikan. Namun, untuk perbaikan, masih menunggu petunjuk karena tebing penyangga jalan rentan kembali longsor.

“Kita masih menunggu instruksi dari kantor pusat, untuk melakukan penanganan dan perbaikan landasan jalan yang berstatus jalan nasional penghubung antar kabupaten Cianjur-Bandung. Kita berharap dapat segera dilakukan,” katanya.

Sementara pengendara dengan tujuan Bandung atau sebaliknya dari Cianjur, terpaksa harus mengantri saat melintas di lokasi jalan amblas karena diberlakukan sistem satu arah secara bergantian.

“Kami imbau pengendara untuk berhati-hati saat melintas, terutama saat hujan kembali turun deras,” katanya, seperti dilansir Antara.