Peringatan Dini Banjir Rob di DKI Jakarta dan 15 Daerah pada 18-25 November

Ilustrasi Sejumlah wilayah di Jakarta Utara dan sepanjang Pantura mengalamia banjir rob sejak Juamt lalu (4/6) akibat pengaruh bulan purnama dan pasang laut akibat hembusan angin kencang.

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob di sejumlah daerah termasuk DKI Jakarta.

Selain DKI Jakarta, BMKG juga mengingatkan potensi rob di 15 daerah lainnya di wilayah pesisir atau pantai utara (pantura) Jawa,  sampai 25 November 2021.

Dalam laman resminya,  BMKG menjelaskan, banjir rob merupakan fenomena yang pada umumnya sering terjadi di pesisir Utara Jawa. Namun, dengan kondisi-kondisi tertentu banjir rob tersebut bisa terjadi lebih signifikan.

“Adanya kondisi pasang maksimum pada fase bulan purnama dan bersamaan dengan kejadian curah hujan akan menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian banjir rob yang lebih signifikan,” demikian keterangan BMKG.

Berikut daftar pantura Jawa yang diprediksi berpotensi banjir rob 18-25 November adalah:

1. Tangerang
2. Jakarta
3. Bekasi
4. Karawang
5. Subang
6. Indramayu
7. Cirebon
8. Brebes
9. Pemalang
10. Pekalongan
11. Batang
12. Kendal
13. Semarang
14. Demak
15. Jepara
16. Gresik

BMKG mengimbau agar warga dan pemerintah daerah terkait untuk melakukan migitasi. Mereka mengatakan, pasang maksimal umumnya terjadi pada pagi hari sekitar pukul 08.00-14.00 WIB.