Sudah 88 Juta Warga Indonesia Divaksin Lengkap, 45 Juta Masih Tunggu Dosis Kedua

ILUSTRASI Industri farmasi Sinovac, China dan Istituto Butantan, Brazil mulai menguji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 yang diharapkan bisa dirilis lalu diproduks massal pada akhir 2020.

JAKARTA – Sebanyak 88 juta penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksinasi lengkap, dan  45,5 juta masih menunggu mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Sudah 42,23% dari 208 juta lebih orang Indonesia yang sudah divaksin lengkap atau hampir 88 juta orang telah selesai mendapatkan dosis kedua. 45,4 juta lebih sedang menunggu pemberian dosis kedua setelah selesai mendapatkan dosis pertama,” kata Juru Bicara Penanganan dan Vaksinasi Covid-19 untuk Pemerintah, Reisa Broto Asmoro mengatakan, Jumat (19/11/2021).

Reisa terus mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi tanpa memilih merek vaksin. Menurutnya, semua bermanfaat dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

Ia mengungkapkan, hingga saat ini Indonesia telah mendapatkan 350 juta vaksin, baik yang dalam bentuk jadi maupun bahan baku (bulk). Vaksin tersebut didapatkan pemerintah Indonesia dari pembelian langsung dan hibah negara sahabat.

“Per hari Jumat 19 November ini (telah diterima) hampir 350 juta atau tepatnya 348,6 dosis vaksin baik bentuk jadi maupun bulk,” katanya.