Syarat Anak 6-11 Tahun Bisa Diberi Suntikan Vaksin Covid-19

ILUSTRASI Industri farmasi Sinovac, China dan Istituto Butantan, Brazil mulai menguji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 yang diharapkan bisa dirilis lalu diproduks massal pada akhir 2020.

JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menetapkan sejumlah persyaratan bagi anak usia 6-11 tahun yang bisa diberi suntikan vaksin Covid-19 di fasilitas kesehatan (faskes).

Berikut syarat anak usia 6-11 tahun yang bisa menerima suntikan vaksin Covid-19 di DKI Jakarta.

1. Anak yang dapat menerima suntikan vaksin adalah mereka yang berdomisili atau bersekolah di DKI Jakarta.

2. Untuk pelaksanaan di sekolah di DKI Jakarta, sasaran vaksinasi adalah siswa didik sekolah tersebut. Baik yang berstatus penduduk DKI maupun luar DKI.

3. Untuk pelaksanaan selain di sekolah, anak usia 6-11 tahun yang dapat menerima layanan vaksinasi terbatas pada:

  • Anak yang berstatus penduduk DKI Jakarta dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau Kartu Identitas Anak (KIA) yang mencantumkan alamat tinggal di wilayah DKI Jakarta
  • Anak yang berstatus bukan penduduk DKI Jakarta dan tidak terdaftar sebagai siswa di satuan Pendidikan di DKI Jakarta, namun bertempat tinggal di DKI Jakarta. Dibuktikan dengan surat keterangan domisili dari RT sesuai alamat tinggal dan telah terdaftar di aplikasi data warga.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan sebanyak 1,1 juta anak berusia 6-11 tahun mendapatkan vaksin Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi di Ibu Kota bagi kelompok usia itu dimulai sejak Selasa (14/12) lalu.

“Targetnya kan 1,1 juta, ini secara bertahap targetnya, paling enggak target harian itu 10.000 itu untuk divaksin,” kata Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radjagah, seperti dilansir CNNIndonesia.