spot_img

BMKG Ungkap Tinggi Permukaan Laut Naik 1,2 Cm Setiap Tahun, Ini Penjelasannya

DENPASAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa tinggi permukaan laut di Indonesia diperkirakan naik 0,8-1,2 centimeter per tahun sebagai dampak dari perubahan iklim.

“Ini signifikan karena berdampak kepada hilangnya beberapa pulau kecil di wilayah Indonesia atau daerah kota di pesisir,” kata Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Klimatologi Pusat Litbang BMKG Donaldi Permana dalam seminar virtual di Denpasar, Bali, Kamis (18/4/2024).

Menurut Donaldi, peningkatan suhu rata-rata nasional sebesar 0,45 hingga 0,75 derajat celcius merupakan salah satu dampak perubahan iklim di Indonesia.

Diperkirakan, sekitar 5,8 juta kilometer persegi wilayah perairan Indonesia menjadi berbahaya bagi kapal nelayan, terutama yang berukuran kurang dari 10 gross tonage (GT).

Lebih lanjut, sekitar 18 ribu kilometer garis pantai di Indonesia juga rentan terhadap perubahan iklim, dengan perubahan curah hujan sekitar 75 milimeter per bulan.

Selain itu, suhu rata-rata global juga mengalami peningkatan selama 10 tahun terakhir, yakni antara 2014-2023 sebesar 1,20 plus minus 0,12 derajat celcius dibandingkan dengan periode tahun 1850-1900.

Donaldi menjelaskan bahwa peningkatan suhu tersebut disebabkan oleh pemanasan global, terutama karena tingginya konsentrasi karbon dioksida akibat penggunaan energi fosil seperti batubara dan minyak bumi, serta deforestasi.

Efek dari peningkatan suhu ini termasuk pencairan es di kutub utara dan selatan yang menyebabkan kenaikan permukaan laut secara global sekitar 4,72 milimeter per tahun pada periode Januari 2013 hingga Desember 2022.

“Yang terdampak lebih awal kenaikan tinggi muka laut adalah negara di wilayah iklim tropis dibandingkan negara di belahan bumi utara dan selatan,” katanya.

Untuk mengurangi pemanasan global, Donaldi menyarankan untuk melakukan mitigasi, antara lain dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, beralih ke energi bersih atau terbarukan, menggalakkan penghijauan, menghemat penggunaan listrik, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles