spot_img

BMKG Ungkap Tingkat Keparahan Gempa jika Sesar Lembang Berguncang

JAKARTA – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Rahmat Triyono, mengungkap tingkat keparahan gempa yang terjadi bila Sesar Lembang berguncang.

Dia mengatakan, patahan ini punya panjang 30 km dan potensi magnitudo maksimum 6,8. “Kita skenariokan dengan kedalaman [pusat gempa]-nya 10 km, maka dampaknya kalau ini terjadi, di Bandung Barat, Kota Cimahi, Bandung, Purwakarta dengan skala MMI (Modified Mercalli intensity)-nya adalah VI sampai VII,” ujar Rahmat.

Skala MMI menggambarkan tingkat guncangan yang dirasakan. Makin tinggi angkanya, makin kencang getaran terasa.

MMI skala VII misalnya, berarti “tiap-tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan pada rumah-rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sedangkan pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak-retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan.”

Nurani pun mewanti-wanti masyarakat agar sebisa mungkin menghindari tinggal di atas sesar atau zona patahannya secara langsung atau yang berada di wilayah dengan batuan yang lunak.

Sebab, bahaya dari goncangan gempa pada bangunan yang tidak terlalu kuat akan membuat bangunan seketika runtuh begitu saja, serupa seperti ketika Gempa Cianjur (2022).

Sebagai langkah mitigasi untuk strukturalnya, saat ini BRIN dan Kementerian PUPR juga tengah menetapkan standar nasional untuk bangunan tahan gempa yang dikeluarkan pada 2017 dan sedang dalam tahap pemutakhiran untuk 2024.

Dalam hal ini, properti tahan gempa sesuai SNI bisa diaplikasikan pada bangunan gedung terbaru, namun untuk bangunan existing (lama), BRIN mengungkap perlu adanya riset lebih lanjut apakah diperlukan upaya retrofit bangunan atau tidak.

Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) sebelumnya juga mewanti-wanti dampak yang bisa ditimbulkan Sesar Lembang terhadap rumah-rumah di sekitar Bandung Raya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles