Hungaria Tolak Tampung Pencari Suaka

0
94

BUDAPEST—Hungaria tidak akan lagi menerima pencari suaka yang terdampar di benua Eropa. Eropa menangguhkan pemberlakukan aturan Uni Eropa terkait pencari suaka yang mewajibkan negara pertama anggota Uni Eropa yang disinggahi imigran untuk memproses dan menampung.

Zoltan Kovacs, juru bicara pemerintah Hungaria mengatakan “Perahu sudah Penuh” yang mengacu pada kuota penerimaan imigran di negaranya. “Kita semua berharap untuk solusi untuk  Eropa, tetapi kita perlu melindungi kepentingan Hungaria dan populasi kami,” katanya sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Rabu (24/6/2015).

Uni Eropa meminta Hungaria untuk segera mengklarifikasi penundaan aturan ini. Sejauh tahun ini sekitar 60.000 imigran telah memasuki Hungaria, kebanyakan dari mereka melalui Serbia.

Hongaria adalah salah satu zona Schengen, yang menganut bebas paspor ke sejumlah negara Eropa. Itu artinya, setelah imigran tiba di negara itu, mereka bisa bepergian dengan bebas 25 negara lain yang termasuk dalam zona tersebut.  Akibatnya, banyak yang mencoba untuk melanjutkan ke negara-negara Eropa lainnya, termasuk Austria dan Jerman.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here