JAKARTA, KBKNEWS.id – ID Humanity Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) terus menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Bali.
Pada Sabtu (20/9) DMC DD mendistribusikan air bersih sebanyak 22.500 liter di Serangan, Denpasar Selatan, yang membantu sebanyak 1000 jiwa penerima manfaat.
Sebelumnya layanan distribusi air bersih DMC buka di Jalan Segina, Desa Pemecutan Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Bali, dengan menjangkau 100 penerima manfaat.
Taqi Falsafati, Staf Tanggap Darurat DMC Dompet Dhuafa mengatakan layanan Distribusi Air Bersih tersebut diberikan kepada warga yang membutuhkan pasokan air bersih karena terdampak banjir.
“Di desa-desa banyak yang menggunakan air PDAM. Semenjak banjir air dari PDAM terputus sehingga air tidak bisa mengalir,” ujar Taqi.
Tidak hanya membantu persediaan makan dan air bersih, Dompet Dhuafa melalui Respon Darurat Kesehatan (RDK) dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) membuka layanan kesehatan untuk penyintas banjir di Pemecutan Klod, Kecamatan Denpasar Barat.
Bukan hanya itu, DMC DD sejak Selasa (16/9/2025) hingga Sabtu (20/9/2025) layanan Dapur Umum DMC Dompet Dhuafa dibuka di dua titik, yakni di Dusun Kuana Sari, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, dengan menjangkau 200 penerima manfaat. Kemudian di Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, dengan menjangkau 60 penerima manfaat.
Taqi menambahkan, layanan Dapur Umum DMC didirikan untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan harian para penyintas banjir Bali.
“Untuk saat ini banyak warga di kedua lokasi tersebut yang rumahnya rusak akibat banjir sehingga mereka mengungsi ke rumah saudaranya. Dan di kedua lokasi itu juga masyarakat sedang membutuhkan persediaan makanan sehingga kami mendirikan layanan Dapur Umum di sana,” kata Taqi.

