spot_img

Puluhan Paket Zakat Fitrah Disebar di Gresik

GRESIK – Melalui salah satu mitra distribusi, Karya Masyarakat Mandiri (KMM), Dompet Dhuafa menyalurkan sebanyak 36.600 paket zakat fitrah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Distribusi dimulai pada pekan dua Ramadan dan pada Senin (25/3/2024), sebanyak 800 paket zakat fitrah telah disalurkan kepada warga-warga yang tergolong fakir, miskin, gharim, hingga fi sabilillah, di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Proses pentasyarufan dilakukan oleh Muhtarur Rofiq sebagai mitra TZF KMM Kabupaten Gresik. Selain para warga penerima manfaat yang datang ke titik yang ditentukan di Desa Sambogunung, Dukun, Gresik, untuk mengambil beras, sebagian paket juga diberikan ke rumah-rumah bagi yang tidak mampu datang.

“Alhamdulillah, ya senang bisa menjadi bagian dari kebaikan bersama Dompet Dhuafa, bisa bagikan beras-beras zakat fitrah ke warga-warga yang kesulitan. Banyak di sini yang untuk kebutuhan sehari-hari ndak mampu. Meskipun mereka petani, tapi sekarang-sekarang ini tani juga tidak ada hasilnya,” jelasnya.

Rofiq menyebut, mayoritas mata pencaharian warga di sana adalah buruh. Mulai dari buruh tani, pabrik, hingga nelayan. Namun saat ini, lanjutnya, banyak warga yang menganggur karena semua jenis pekerjaan buruh sudah digantikan oleh tenaga mesin. Sehingga, tenaga manusia sudah sedikit sekali dibutuhkan.

Dahulu, pekerjaan pertanian seperti tanam, bajak sawah, panen, sampai tanam lagi, semua dikerjakan oleh tenaga manusia. Namun sekarang, mesin sudah bisa menggantikan itu semua. Rofiq merasa miris, karena orang-orang yang memiliki lahan pertanian adalah orang-orang kaya saja. Orang yang cuma punya lahan sedikit, apalagi yang hanya buruh, sudah sulit untuk bertani dan mendapatkan uang.

Menurut Rofiq, kini proses distribusi Tebar Zakat Fitrah Dompet Dhuafa jauh lebih baik dibanding beberapa tahun yang lalu. Dulu pada tahun 2020, para muzaki banyak yang membayarkan zakatnya mendekati hari Idulfitri, bahkan sehari menjelangnya. Maka sebagai amil perpanjangan tangan Dompet Dhuafa, ia berkewajiban menyalurkannya sebelum salat id dilaksanakan.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles