spot_img

Timnas Garuda, Terbang Lebih Tinggi

TIDAK sia-sia, program pembinaan selama empat tahun terhadap penggawa PSSI Garuda di bawah pelatih Shin Tae-yong, sudah membuahkan hasil, paling tidak saat ini di level Asia Tenggara persepakbolaan Indonesia berjaya.

Dalam laga kedua. home and away (kandang dan tandang) di Stadion Nasional My Dinh, Vietnam, Rabu malam (26/3) Garuda mempermalukan tim tuan rumah untuk kedua kalinya dengan skor 3 – 0. Sebelumnya, di stadion utama Senayan, pekan lalu (21/3)  PSSI juga mampu menekuk Vietnam 1 – 0.

Tidak dapat dipungkiri, sukes diraih berkat kontribusi empat pemain baru hasil program naturalisasi yang diturunkan dalam laga yakni Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangun dan Nathan Tjoe-A-on.

Jay mencetak gol pada menit ke sembilan hasil sepak pojok , setelah menerima bola umpan dari rekannya, Thom, sedangkan gol kedua dilakukan Ragnar melalui aksi individunya, melewati bak Vietnam dan melesakkan si kulit bundar di kotak penalti pada menit ke-23.

Skor menjadi 3 – 0 dan makin menjauhkan jarak bagi Vietnam untuk mengejarnya, hasil tembakan Muhammad Ramadhan Sananta pada peghujung laga menutup kemenangan bagi timnas Indonesia.

Berbeda dengan laga pertama melawan Vietnam pekan lalu, anak-anak asuhan Shin tampil percaya diri, langsung menggebrak begitu peluit pertandingan dimulai, sementara lini pertahanan Garuda cukup solid menahan gempuran lawan.

Kekalahan Tim Bintang Emas Vietnam dua kali dalam seppekan dalama penyisihan Piala Dunia 2026 tak pelak lagi membuata posisi pelatihnya, Phillippe Tousier, berada di ujung tanduk. Sejumlah pendukung Vietnam tampak membentangkan spanduk, bertuliskan desakan pengunduran dirinya.

Untuk babak selanjutnya, Timnas akan menjamu Irak dan Filipina di Jakarta awal Juni mendatang, dimana kans timnas mask babak putaran ketiga Piala Dunia 2026 cukup besar. Irak saat ini memuncaki Grup F dengan 12 poin, disusul Timnas Garuda tujuh poin, Vietnam (3) dan Filipina (1).

Lolos babak ketiga

Timnas Garuda bisa lolos jika mendapatkan sebelas poin, sementara Vietnam tidak mungkin lagi mengejarnya jika menang dalam laga terakhir pun (maksimum sembilan poin).

Filipina di atas kertas juga bisa diatasi oleh timnas dalam laga di kendang sendiri nanti, alau pada laga pertama, yimnas hanya mampu menahan Filipina dengan skor sri 1 – 1.

Jika berhasil memenangi dua pertandingan terakhir, timnas dpastikan lolos babak ketiga, sekaligus berhak tampil di babak utama Piala Dunia 2026.

Prestasi terbaik kesebelasan Indonesia yakni mencapai babak ketiga pada edisi Piala  Dunia 2014 yang digelar di Brazil. Berkat kemenangan dua kali berturut-turut dari tim Bintang Emas Vietnam, peringkat FIFA PSSI naik delapan poin dari 142 ke-134  ataua kenaikan 39 poin sepanjang empat tahun terakhir.

“Kami telah bekerja keras, dan hari ini berhasil memecahka rekor 20 tahun lalu, “ ujar Shin Tae yong merayakan kemengan anak-anak asuhannya melawan musuh bebuyutan Vietnam, Selasa lalu.

Ayo Garuda, terus terbang lebih tinggi, sampai ke ajang finalis Piala Dunia!

 

 

 

 

 

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles